HAKI: Kekuatan Merek Produk

Di banyak bisnis kecil, kekayaan intelektual adalah aset yang diabaikan. Niat baik dari nama perusahaan Anda, program komputer yang telah Anda tulis, artikel, manual, atau buku yang telah Anda tulis, logo, salinan iklan, metode yang telah Anda gunakan atau proses untuk membuat produk atau layanan Anda, semuanya harus diperiksa secara cermat sehubungan dengan pengacara kekayaan intelektual yang berkualifikasi, untuk memutuskan seberapa besar nilai mereka haki bagi bisnis Anda, dan bagaimana mereka harus dilindungi dengan benar.

Ada banyak disiplin ilmu yang berbeda di mana kekayaan intelektual Anda dapat dilindungi. Ini termasuk hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, paten metode, paten desain, paten produk, dan lain-lain. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pengacara kekayaan intelektual Anda untuk memutuskan apakah akan memperluas perlindungan kekayaan intelektual Anda ke seluruh dunia atau tidak, atau hanya menjadikannya nasional.

Jika bisnis Anda dapat terpengaruh oleh pesaing yang menyalin nama Anda, logo Anda, produk Anda, layanan Anda, atau hal lain yang tidak terpisahkan dari kesuksesan bisnis Anda, Anda berhutang kepada diri Anda sendiri, karyawan Anda dan pemegang saham Anda untuk melindunginya dengan cara yang sekuat mungkin. . Sempurnakan diri Anda sebagai pengacara kekayaan intelektual yang baik dengan pengetahuan khusus tentang jenis bisnis tertentu yang dapat membantu Anda “mengunci” investasi Anda.

Apa yang Harus Anda Cari pada Pengacara Kekayaan Intelektual?

Kekayaan intelektual adalah bidang di mana seorang pengacara tidak hanya harus mengetahui hukum, tetapi juga harus memahami tujuan bisnis, praktik, dan pendirian etis klien potensial. Elemen-elemen ini tidak selalu jelas, jadi demi kepentingan terbaik klien untuk menanyakan dalam wawancara awal tidak hanya berapa lama dia telah mempraktikkan jenis hukum khusus ini, tetapi juga jenis bisnis apa yang pernah dialami pengacara kekayaan intelektual. dengan, serta seberapa “gung ho” pengacara itu. Misalnya, jika bisnis Anda ingin memiliki pandangan yang seimbang tentang perlindungan, hanya mengejar pelanggar yang menurut Anda menyebabkan kerusakan serius, jika pengacara kekayaan intelektual Anda senang menjatuhkan surat ancaman gaya bom nuklir pada mahasiswa yang kurang mampu dan wanita tua yang kecil,

Hal-hal lain yang harus dicari dalam diri pengacara termasuk apakah gaya komunikasi pribadi Anda cocok dengan gaya komunikasi pribadi pengacara atau tidak. Contoh yang bagus adalah komunikasi email. Email, bagi banyak pemilik bisnis, adalah metode komunikasi yang jauh lebih efisien dan biasanya lebih murah. Sebagai bonus tambahan, Anda memiliki catatan tertulis tentang pertukaran jika terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Jika bisnis Anda berjalan pada kontak email dan pengacara Anda menggunakan pena dan kertas, ini mungkin tidak berhasil demi kepentingan terbaik Anda.

Setelah Anda Menemukan Pengacara Kekayaan Intelektual, Lalu Apa?

Apa yang Anda lakukan setelah menemukan pengacara kekayaan intelektual Anda? Komunikasikan dengan jelas apa tujuan Anda dan biarkan pengacara memberikan saran kepada Anda tentang bagaimana mencapai tujuan tersebut. Hukum kekayaan intelektual seringkali sangat kompleks dan teknis secara hukum. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan pada pengacara kekayaan intelektual. Jika mereka tidak berkomunikasi dengan Anda, klien mereka, dalam istilah bahasa Inggris yang jelas, minta mereka. Seringkali, pengacara lupa bahwa mereka berurusan dengan non-pengacara dan mungkin menggunakan jargon hukum. Jika mereka tidak dapat menjelaskan konsep kepada Anda dengan cara yang Anda pahami, mungkin Anda harus mencari pengacara yang bisa.

Di sisi lain, Anda tidak boleh mengharapkan pengacara kekayaan intelektual Anda merebus 3 tahun sekolah hukum dan pengalaman puluhan tahun menjadi ringkasan “Catatan Tebing” lima belas menit. Seperti halnya semua hal, menemukan keseimbangan di mana Anda berdua merasa nyaman adalah hal yang sangat penting.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *