Pemimpin Motivasi di Tempat Kerja

Kata motivasi berasal dari kata Yunani, “Kino”, yang berarti “bergerak” atau “mendorong”. Ini adalah kekuatan yang kuat yang dapat memindahkan individu mana pun dari nol menjadi pahlawan. Efeknya bisa sangat menular sehingga seseorang yang pernah mengira dia tidak akan pernah bisa berhasil dalam hidup tiba-tiba menyadari bahwa “dia bisa” ketika mendengar kata motivasi dari seseorang yang pernah gagal tetapi kemudian menjadi sukses. Itulah kekuatan motivasi. Hukum pertama Newton tentang gerak mengatakan bahwa, “Setiap benda mengambil keadaan diam sampai gaya eksternal diterapkan padanya.” Kekuatan eksternal itu dapat disamakan dengan “motivasi” sementara kita adalah “objek” yang dimaksud.

Kita semua membutuhkan motivasi untuk memulai, dan memulai adalah menang. Seperti yang dikatakan Jim Ryun, “motivasi adalah yang membuat Anda memulai; kebiasaan adalah yang membuat Anda terus maju.” Anda tidak pernah bisa membentuk kebiasaan melakukan apa pun yang Anda tidak termotivasi untuk melakukannya sejak awal. Jadi motivasi adalah kunci penyalaan yang membangkitkan mesin di dalam diri Anda. Setelah mesin itu mulai berjalan, mesin itu tidak pernah berhenti kecuali atas izin Anda.

Tantangan terbesarnya adalah banyak dari kita merasa sulit untuk memulai. Kami sangat aman di zona nyaman kami; tidak mau mengambil resiko atau menghadapi bahaya apapun. T.S. Elliot berkata, “Hanya mereka yang mengambil risiko melangkah terlalu jauh yang bisa mengetahui seberapa jauh mereka bisa melangkah.” Anda tidak pernah tahu apa yang dapat Anda lakukan sampai Anda mencobanya. Seperti yang dikatakan Zig Ziglar, “Rahasia untuk maju adalah memulai”. Hidup adalah petualangan yang berani dan dibutuhkan orang-orang pemberani yang termotivasi secara internal untuk pindah dan mencapai kesuksesan besar. Namun sebelumnya, jika Anda mencari Motivator Indonesia yang merupakan Motivator Terbaik Indonesia, dia adalah Arvan Pradiansyah yang aktif sebagai pembicara terutama sebagai Motivator Leadersip.

Seorang pemimpin motivasi adalah seseorang yang termotivasi secara internal tidak hanya untuk memotivasi dirinya sendiri tetapi juga mengambil tanggung jawab untuk memotivasi orang lain. Sebagai seorang manajer, supervisor, dan CEO dari suatu organisasi, Anda adalah pemimpin yang memotivasi dan motivasi karyawan Anda harus menjadi perhatian dan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Tetapi Anda harus terlebih dahulu termotivasi orang lain untuk mencapai tujuan besar memotivasi mereka.

Sebagai pemimpin motivasi, titik awal Anda untuk kepemimpinan motivasi adalah mulai melihat diri Anda sebagai panutan, melihat diri Anda sebagai teladan bagi orang lain. Lihat diri Anda sebagai orang yang menetapkan standar yang diikuti orang lain. Banyak manajer bisnis, wirausahawan, dan CEO tidak menyadari dampak motivasi terhadap bisnis mereka, dan oleh karena itu penting bagi mereka untuk mempelajari dan memahami faktor-faktor yang menentukan motivasi positif di tempat kerja. Lee Lacocca berkata, “Motivasi adalah segalanya. Anda dapat melakukan pekerjaan dua orang, tetapi Anda tidak bisa menjadi dua orang. Sebaliknya, Anda harus menginspirasi orang berikutnya dan membuatnya menginspirasi orang-orangnya”. Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin, Anda harus memahami bahwa pengaruh yang Anda miliki terhadap bawahan Anda membantu meningkatkan semangat mereka dalam melakukan yang terbaik dalam pekerjaan.

Seorang pemimpin yang sehat memotivasi daripada menurunkan motivasi. Mereka selalu berusaha untuk fokus dalam mencapai misi utama organisasi mereka dengan meningkatkan energi dan momentum pengikut mereka untuk bekerja mencapai tujuan yang sama. Pertanyaannya adalah: kualitas apa yang dimiliki pemimpin motivasi yang memungkinkan mereka meningkatkan energi orang-orangnya dalam meningkatkan produktivitas di tempat kerja? Mari kita periksa beberapa dari kualitas tersebut:

Mereka mengetahui kepribadian Tim mereka: Seperti yang pernah dikatakan oleh Henry Ford, Pendiri Ford Motors, “Bersatu adalah sebuah permulaan. Menjaga bersama adalah kemajuan. Bekerja bersama adalah kesuksesan”. Pemimpin motivasi di tempat kerja benar-benar luar biasa dalam arti bahwa mereka memahami kepribadian anggota tim mereka yang membantu “tetap bersama” sebagai tim dalam mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Penelitian telah menunjukkan bahwa karyawan merespons pengakuan, penghargaan, dan insentif dengan baik di tempat kerja. Dan mayoritas dari mereka menghargai hubungan dan menanggapi suasana sosial yang terbuka agar dapat bekerja dengan baik. Sebagai pemimpin yang memotivasi, Anda adalah pemrakarsa dan orang-orang Anda memandang Anda untuk memelihara suasana hubungan kerja yang baik.

Berikan Contoh: Pemimpin motivasi menyadari bahwa gaya hidup positif mereka adalah sumber motivasi bagi orang yang mereka pimpin. Untuk alasan ini, mereka berusaha untuk menetapkan gaya hidup teladan yang ditiru orang lain. Mereka tahu bahwa tindakan mereka ditutup diperiksa oleh orang yang dipimpinnya dan satu sinyal yang salah dari mereka dapat menyebabkan hilangnya kredibilitas mereka.

Komunikasikan visi untuk masa depan: Telah dikatakan bahwa visi adalah gambaran mental yang jernih dari masa depan yang diinginkan untuk diharapkan untuk dilihat. Dengan kata lain, visi Anda adalah masa depan Anda. Sebagai pemimpin yang memotivasi, pengikut Anda akan mengikuti Anda sejauh yang Anda pandu menuju masa depan yang diinginkan. Tidak ada yang mau mengikuti pemimpin buta yang tidak bisa melihat melampaui lingkungannya. Dan pengikut cenderung mengetahui ketika Anda tidak mampu memimpin mereka ketika mereka mulai merasakan ketidaknyamanan berada di satu tempat tanpa melihat masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *